Andai Aku Bisa Memutar Waktu

Seandainya waktu bisa diputar semuanya akan indah, tanpa ada yang menangis, kecewa, marah, benci, dan ga akan ada yang mikir hidup jadi tak berarti lagi. Tapi inilah hidup, Tuhan sudah menggariskan semuanya tanpa ada yang terlewatkan. setiap detik kita bernafas Tuhan sudah mengatur setelah itu kita akan bagaimana. Saya sebagai muslim percaya dengan adanya takdir, sebagaimana yang terkandung dalam Rukun Iman yang ke-6 yaitu percaya pada qodho dan qodar. Tapi akankah takdir bisa dirubah?

Kadang saya kecewa, sedih dan marah ketika apa yang sudah terjadi tidak sesuai dengan harapan. Tapi tak selamanya takdir itu jelek, ada kalanya saya sangat dan amat bahagia sekali dengan apa yang sudah saya dapat waktu itu. Itu semua tak lepas dari kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. Kita sebagai manusia diwajibkan bersyukur dengan nikmat yang sudah dikasih oleh Allah.

Nikmat yang diberikan Allah SWT kepada manusia sangat banyak dan bentuknya bermacam-macam. Setiap detik yang dilalui manusia dalam hidupnya tidak pernah lepas dari nikmat Allah SWT. Nikmatnya sangat besar dan banyak sehingga bagaimanapun juga manusia tidak akan menghitungnya (QS.16:18). Sejak manusia lahir ke dunia dalam keadaan tidak tahu apa-apa, kemudian diberi Allah pendengaran, penglihatan, dan hati (QS.16:78) sampai meninggal dunia menghadap Allah SWT di akhirat kelak ia tidak akan lepas dari nikmat Allah SWT.

Cara bersyukur kepada Allah ada tiga: (1) bersyukur dengan hati, yaitu mengakui dan menyedari sepenuhnya bahawa segala nikmat yang diperolehi berasal dari Allah SWT dan tiada seseorang pun selain Allah SWT yang dapat memberikan nikmat itu; (2) bersyukur dengan lidah, yaitu mengucapkan secara jelas ungkapan rasa syukur itu dengan kalimah al-hamdulillah (segala puji bagi Allah); dan (3) bersyukur dengan amal perbuatan, yaitu mengamalkan anggota tubuh untuk hal-hal yang baik dan memanfaatkan nikmat itu sesuai dengan ajaran agama. Yang dimaksud dengan mengamalkan anggota tubuh ialah menggunakan anggota tubuh itu untuk melakukan hal-hal yang positif dan diridai Allah SWT, sebagai perwujudan dari rasa syukur tersebut.

Kembali ke seandainya waktu bisa diputar, saya akan kembali dan merubah semua kesalahan saya yang telah lampau agar hidup ini menjadi indah dan tanpa beban. Tapi ini semua ga mungkin dan ga akan mungkin samapai kapanpun. Sebenarnya dari semua yang sudah dikasih oleh Tuhan kepada kita, entah itu hal yang buruk maupun hal yang baik kita diajarkan untuk mengambil khikmah dari kesalahan-kesalahan tersebut. Khikmah yang bisa membuat kita belajar supaya menjadi lebih baik dari yang sebelumnya. Tak semuanya kesalahan itu buruk, harusnya baik buat kita kalo kita benar-benar bijak mengambil pesan dari Tuhan tersebut.

Maka hendaknya kita sebagai hamba Tuhan harus pandai-pandai bersyukur baik dalam suka maupun duka, karena orang yang pandai bersyukur Allah akan menjanjikan nikmat yang tak terhinnga di dunia dan di akhirat. Mudah-mudahan tulisan bisa menjadi renungan kita bersama dalam mensyukuri segala kurnia-Nya dan menjadikan kita termasuk golongan manusia yang pandai bersyukur atas rezeki dan kelebihan yang dianugerahkan kepada kita. Amin……….

This entry was posted in Curhat, Tulisan Bebas and tagged , by ameermuh. Bookmark the permalink.

About ameermuh

Seorang manusia biasa yang ingin selalu belajar dalam segala hal dan menjadikan hidup ini sebuah proses, proses pendewasaan, proses pembelajaran dan proses kehidupan. Kini aku masih selalu berharap agar Allah selalu menjadikan aku makhluk yang rendah hati, baik, jujur dan selalu berada di jalan yang benar.

2 thoughts on “Andai Aku Bisa Memutar Waktu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s