Kecelakaan Ketika Gowes

Kecelakaan oleh sepeda mulai sering terjadi, antisipasi dengan mengurangi kecepatan

Pernah mengenal Silent Killer, tetapi bukan di bidang kesehatan. Kehadiran mobil listrik pernah menjadi perdebatan karena dianggap sebagai silent killer. Kecelakaan yang disebabkan mobil listrik agak unik, karena beberapa kecelakaan menimpa ke pejalan kaki dan pesepeda. Dari catatan di Amerika sendiri, kecelakaan oleh mobil listrik terjadi pada kecepatan rendah bahkan sangat rendah. Dimana mesin kendaraan mobil listrik sulit didengar kedatangannya oleh penyebarang jalan, dan secara tiba tiba mobil menabrak orang yang hendak menyeberang. Aturan baru untuk mobil listrik mengharuskan produsen mobil menambah perangkat suara. Ketika mobil listrik dalam kecepatan rendah, misalnya masuk ke area kota atau kendaraan ingin mencari tempat parkir. Maka suara mobil otomatis berbunyi, tetapi bukan dari mesin atau dinamo mesin, melainkan dibunyikan melalui speaker. Hal ini untuk memberikan kewaspadaan bagi penguna jalan lainnya, dan mengetahui adanya kendaraan datang dengan suara yang dihasilkan oleh speaker.

Berita terbaru bagi kalangan pesepeda. Kecelakaan oleh pesepeda ke pejalan kaki baru baru mulai sering terjadi. Tetapi belum ada laporan lebih lanjut seberapa banyak kecelakaan yang disebabkan pengendara sepeda. Coba anda ingat kembali, dari pengalaman pribadi ketika berkendara sepeda. Berapa kali anda melihat orang didepan anda kaget ketika melihat anda datang dengan sepeda. Mungkin dalam kecepatan sangat rendah, seperti 5-10 km perjam. Atau anda sedang masuk ke daerah padat penduduk, dan melihat orang lain didepan anda dan sempat berteriak karena kaget ketika sepeda anda datang. Sementara anda menebar pesona dengan “Senyum – maaf”.

Kecelakaan oleh pengendara sepeda juga terjadi di Amerika. Sebuah jalur lintasan sepeda dan pejalan kaki yang menghubungkan pusat kota dengan daerah urban sempat ditutup. Ketika seorang pengendara sepeda menabrak orang tua sampai mengalami patah tulang. Walaupun jalur sepeda dan pejalan kaki tersebut dibuka kembali. Terdapat peringatan adanya batas kecepatan bagi pengendara sepeda bila memanfaatkan fasilitas jalan tersebut.
Aturan lain dibeberapa kota menyebutkan, sepeda tidak boleh berjalan di trotoar, kecuali anak anak yang masih berumur dibawah 12 tahun. Pengendara lain harus melintas di jalan raya serta berbagi dengan kendaraan bermotor lainnya. Aturan lain di kota Amerika, Canada dan Australia. Menyangkut aturan dari batas tingkat cahaya lampu sepeda, helm, lampu belakang, mendengarkan lagu dan lainnya sudah juga diatur oleh hukum lalulintas. Melanggar aturan, pesepeda disana akan dikenakan denda. Aturan di beberapa negara untuk sepeda sangat jelas. Sepeda sudah dianggap sebagai moda transportasi.

Mengapa sepeda cukup berbahaya bagi pejalan kaki. Alasannya , kendaraan sepeda tidak memberikan bunyi layaknya kendaraan bermotor. Kedatangan sepeda sulit diketahui oleh orang didepannya. Ketika sepeda melaju dengan kecepatan tinggi, rem sepeda belum bisa diandalkan untuk menghentikan sepeda secara pasti.

Ada baiknya para pesepeda mulai membiasakan diri dengan safety riding. Bukan untuk dirinya sendiri, tetapi bagi penguna jalan lainnya, khususnya untuk penjalan kaki. Jangan menganggap bahwa sepeda tidak berbahaya, bila menghantam pejalan kaki atau orang di depannya bisa membuat fatal seperti patah tulang atau melempar orang yang tertabrak.

Biasakan mengurangi kecepatan dan tidak berjalan zig zag melewati orang yang ada di depannya. Karena orang yang berjalan kaki tidak bisa dipastikan arahnya dan kapan saja dapat memblok lintasan sepeda.

Berusahalah untuk mengalah bila jalan anda terhalang oleh penguna jalan lain. Khususnya oleh pejalan kaki, berikan jalan untuk mereka lebih dahulu. Bila memungkinkan anda melewati para penyeberang jalan atau melewati pejalan kaki. Pastikan kecepatan sepeda anda tidak terlalu tinggi, dan pastikan keberadaan anda terlihat oleh orang di depan. Bila perlu bunyikan bel untuk memberikan tanda adanya sepeda akan lewat.

Biasakan memasang lampu depan dan belakang bila berkendara di malam hari. Lampu belakang akan memudahkan pengemudi kendaraan bermotor melihat anda. Sedangkan lampu depan akan membantu pengendara lain dan orang yang ada didepan anda.

Demikian juga di jalur lintas alam seperti cross country. Pastikan jalur lintasan yang anda lewati tidak ada orang di depannya. Dan kurangi kecepatan sedini mungkin ketika memasuki perkampungan atau kemungkinan adanya orang didepan anda.

Berkendara sepeda dengan kecepatan tinggi memang menyenangkan, tetapi bisa membahayakan orang lain. Jangan jadikan sepeda anda sebagai silent killer. Bersepeda dengan aman akan lebih baik bagi anda dan orang lain. Dan perlu diingatkan kembali, sepeda tidak memiliki suara layaknya kendaraan bermotor.

This entry was posted in Tentang Gowes and tagged by ameermuh. Bookmark the permalink.

About ameermuh

Seorang manusia biasa yang ingin selalu belajar dalam segala hal dan menjadikan hidup ini sebuah proses, proses pendewasaan, proses pembelajaran dan proses kehidupan. Kini aku masih selalu berharap agar Allah selalu menjadikan aku makhluk yang rendah hati, baik, jujur dan selalu berada di jalan yang benar.

2 thoughts on “Kecelakaan Ketika Gowes

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s