Panduan Membeli Sepeda MTB

Membeli sepeda mountain bike bisa membuat kita frustrasi dan memakan waktu. Artikel ini semoga dapat membantu anda dalam mengambil keputusan sebelum anda mengeluarkan uang.

Tentukan Harga

Harga sepeda mountain bike sangatlah bervariasi, dari harga mulai seratus ribuan sampai ratusan juta, dan bila kita hobi dengan olah raga yang satu ini maka uang manjadi sangat tidak terbatas, anda akan terus mengeluarkan uang untuk mendapatkan sepeda yang terbaik. Untuk dapat mengontrol pengeluaran anda maka kita harus menentukan terlebih dahulu harga kisaran sepeda yang akan kita beli.

Tentukan Style Bersepeda Anda

Banyak design dan jenis yang di ciptakan untuk sepeda mountain bike. Anda harus menentukan kategeri dan style yang akan anda geluti, apakah itu cross country, all mountain, downhill, dirt jump dan lain – lain. Pastikan style bersepeda apa yang akan anda lakukan.

Full Suspension Atau Hardtail ?

Banyak yang menyarankan untuk kita memilih sepeda full suspension dengan segala medan yang akan kita lalui. Hardtail adalah sepeda dengan hanya menggunakan suspensi depan saja (Fork), namun lebih ringan dan pada saat mengayuh (pedaling) lebih effisien, sedangkan full suspensi (fullsus) mempunyai keunggulan lebih nyaman pada saat melalui medan yang tidak rata dan mudah untuk mengendalikannya. Sedangkan harga jelas lebih mahal yang fulsus disbanding hardtails. Untuk masalah pedaling pd frame fullsusp kini tidak masalah krn frame fullsusp saat ini telah dlengkapi lock system.

Komponen Penting

Sangat sulit untuk dapat membandingkan komponen – komponen sepeda mountain bike. Karea sangat banyak kombinasi – kombinasi dari jenis – jenis tiap komponen. Kecuali sebagai bahan perbandingan adalah kisaran harga, biasanya memang harga yang mahal di ikuti pula dengan kualitas yang baik, karna itu tentukan juga kisaran harga yang mampu anda beli. Yang harus di perhatikan adalah bagian – bagian terpenting dari sepeda seperti fork, wheelset, frame dan front dan rear derailleur.

Cari Toko Yang Terpercaya

Cari tahulah atau banyak bertanya toko toko mana saja yang memberikan pelayanan terbaik. sebaiknya cari pemilik toko yg terjun langsung bersepeda. Hati hati dengan toko yang menipu atau misalakan kita yang tidak mengerti tentang sepeda di beri harga mahal sedangkan seharusnya harganya jauh lebih murah. Juga harus di perhatikan pelayanannya apakah toko memberikan servis gratis pada jangka waktu tertentu atau garansi dari toko.

Test Ride dan coba lagi

Test ride atau mencoba terlebih dahulu sepeda yang akan anda beli. Cocokkah dengan style bersepeda anda nyaman atau tidak, juga feeling dengan sepeda yang akan anda beli. Disarankan sebaiknya anda mencoba sepeda teman atau kenalan terlebih dahulu.

Riset dan review produk

Review produk dari sepeda yang akan anda beli juga merupakan hal penting. Bagaimana dengan performen dan kehandalan dari produk sepeda tersebut. Gali informasi baik itu dari internet atau tanya pendapat dari rekan yang sudah menggunakannya.

2 thoughts on “Panduan Membeli Sepeda MTB

  1. pingin bgt emg punya sepeda gituan…..tp harganya lumayan mahal hehehehehehehehehehehe………………. kunjungan balik sobat…..

    salam persahabatan dr MENONE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s